Juli 27, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Capaian Pembangunan 2022, Menurut Misi Bupati Tanjung Jabung Barat

5 min read

Tanjung JABUNG Barat |Kabarmetronews.com – Sejak dilantik Pj Gubenur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni Jum’at 26-3-21 , reflesi capaian pembangunan menurut misi Bupati, – Misi 1. PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERILMU, BERIMAN DAN BERAHLAK. Indikator utama yang umum digunakan dalam menilai hasil pembangunan adalah IPM (Indek Pembangunan Manusia), Pada tahun 2021 lalu capaian IPM Tanjab Barat adalah 68,16, pada tahun 2022 ini Alhamdulillah ada peningkatan menjadi 68.79, angka ini melewati target RPJMD pada tahun 2022 yang dipatok 68.18. ini menunjukkan ada kemajuan pembangunan di 3 sektor ( Pendidikan, ekonomi dan Kesehatan).

Hal ini ditunjukkan dari data statistik. Bidang Pendidikan :bahwa pada tahun 2022 Rata-rata lama sekolah kita naik dari 8 tahun di 2021 menjadi 8.18 tahun , target RPJDM adalah 7,87 tahun. Indek Literasi juga sudah berhasil kita tingkatkan dari 15,21 persen tahun lalu menjadi 30,71 pada tahun 2022 dan melewati target RPJMD . Untuk Pendidikan keagamaan, kita juga membantu Guru Madrasah : 1.169 orang, Guru Ponpes : 250, Da’i orang Desa : 134 orang . Imam Masjid, Guru Ngaji dan Mudim : 4.709 orang, disamping itu kita juga membantu pembangunan Masjid melalui CSR dan BAZNAZ Tanjab Barat. Bidang Kesehatan ; Usia Harapan Hidup pada tahun 2022 meningkat menjadi 68,43 tahun dari 68.17 tahun pada tahun 2021 lalu , ini juga melewati target RPJMD yang dipatok 68,21 tahun. Penurunan Stunting yang merupakan fokus pemerintah Pusat juga berhasil kita tekan, dari 19,8 persen pada tahun 2021, menjadi 9,9 % pada tahun 2022, ini merupakan terbaik se Provinsi Jambi. Dari sisi ekonomi, disela-sela pemulihan ekonomi pasca Covid 19, terjadi peningkatan pengeluaran perkapita masyarakat Tanjab Barat menjadi Rp.9.968.000,, yang sebelumnya pada tahun 2021 Rp.9.639.000.

MISI 2 . MEWUJUDKAN KODISI SOSIAL YANG TENTERAM, TERTIB DAN DEMOKRATIS Alhamdulillah kondisi kehidupan masyarakat tidak ada peristiwa yang menonjol, beberapa kali demontrasi dalam tahun ini merupakan hak masyarakat dalam memberikan kontrol sosial terhadap proses pembangunan dan itu dilaksanakan secara demokratis. Kondisi sosial yangbaman tercermin dari Indek persepsi rasa aman di Kabupaten Tanjung Jabung Barat cukup tinggi yaitu 92,75. Namun kedepan kita perlu memperhatikan khusus terhadap bencana musibah Kebakaran yang masih sering terjadi di Kota Kuala Tungkal ini. Saya selalu menghimbau masyarakat untuk selalu wasapada terhadap bencana ini dan juga kepada Dinas Pemadam Kebakaran saya juga selalu meminta tetap waspada dan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat.

MISI 3. PENINGKATAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK UNTUK PELAYANAN PUBLIK. Kami terus berusaha untuk menerapkan tata Kelola pemerintahan yang baik untuk pelayanan publik. Alhamdulillah DPRD Tanjab Barat selalu mendukung Pemda dalam menerapkan ini, dimana indikatornya penetapan APBD selalu tetap waktu, Opini BPK kita tahun 2021 WTP dan untuk tahun 2022 kita masih menunggu pemeriksaan BPK yang akan entry di awal Maret nanti, Nilai SAKIB kita alhamdulillah sudah B, Kabupaten Layak Anak kita pada posisi PRATAMA, semua sudah memenuhi target RPJMD.MISI 4. PENINGKATAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DAN EKONOMI KERAKYATAN. Angka pertumbuhan ekonomi secara resmi untuk tahun 2022 belum release dari BPS, namun dari diskusi ringan kami dengan pimpinan BPS pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2022 diperkirakan sebesar 2 persen. Namun sebagaimana sebelumnya saya sampaikan bahwa terjadi pengeluaran perkapita menjadi Rp.9.968.000,, yang sebelumnya pada tahun 2021 Rp.9.699.000. Secara umum walau ada tekanan harga terhadap komoditas Pinang dan Kelapa, namun Nilai Tukar Petani (NTP) meningkat menjadi 140, sementara Nilai Tukar Nelayan (NTN) adalah 111, semua ini mencapai target RPJMD. Pada tahun 2022, Bersama Dekranasda Tanjab Barat, kita juga meningkatkan peran UMKM terutama batik khas daerah Tanjab Barat. Semua kita lakukan guna menekan angka pengangguran serta kemiskinan di Tanjab Barat. Pembelian Escavator Amphibi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas Pertanian dan perkebunan di wilayah kita dan kita berencana untuk menambah unit Escavator tersebut pada tahun 2023 ini, sehingga permintaan rakyat dapat ditangani lebih maksimal. Pemberdayaan dan pembinaan BUMDES juga terus dalam rangka meningkatkan perekonomian di Desa. BUMDES BERSAMA BETARA baru – baru ini mendapat Juara I tingkat Provinsi dan mendapatkan penghargaan Kategori BUMDES Bersama yang Inspiratif, Unik dan Inovatif tingkat Nasional. Terkait Kemiskinan, Walau kita berhasil menekan angka Kemiskinan dari 10,75 persen tahun 2021 menjadi tinggal 10 persen di tahun 2022, kita tetap terus berusaha menekan angka ini dengan secara konvergensi baik membuka lapangan kerja melalui UMKM maupun upaya lain, karena kemiskinan ini bukan cuma permasalahan ekonomi semata namun juga kualitas sanitasi dan lingkungan. Pada tahun 2022 ini menurut data Kementrian Investasi dan BKMP, realisasi investasi di Tanjab Barat juga jauh melebihi target RPJMD kita dimana tahun 2022 realisasi investasi mencapai Rp.1,002 Trilyun( Satu trilyun koma nol nol dua juta Rupiah ). Namun kita terus berupaya untuk menarik investasi ke Tanjab Barat terutama dibidang Hilirisasi hasil pertanian, Pelabuhan dll, sehingga pada akhirnya akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

MISI 5. PEMERATAAN PEMBANGUNAN DARI DESA SAMPAI KE KOTA Beberapa indikator yang dapat saya sampaikan menyikapi pemerataan pembangunan bahwa kita terus berupaya untuk meningkatkan jalan mantap. Pada saat ini posisi jalan mantap kita adalah 42 persen, kita terus berupaya membangun jalan dan jembatan terutama menuju sarana produksi seperti di Serdang-Kuala Betara terus menuju Tanjab Timur, bekerja sama dengan Pemprov untuk jalan Simpang Teluk Nilau- Senyerang- Lumahan-Tebing Tinggi dan Jalur Seberang Kota. Kita juga terus mendorong penanganan Kawasan Kumuh oleh Dinas Perkim. Kita juga menggandeng Forum CSR untuk Bersama sama membangun fasilitas Fisik untuk mendukung semua ini, sampai saat ini kucuran dana CSR Tanjab Barat sudah mencapai Rp.170 Milyar Rasio Electirifikasi Tanjab Barat sudah mencapai 94,64 persen dan kami terus menyusur desa – desa yang belum teraliri listrik baik di Hilir maupun di Ulu Tanjab Barat. Alhamdulillah Trafo di Parit 4 sudah mulai berfungsi yang kita harapkan PLN dapat memberikan pelayanan yang leih baik lagi kepada masyarakat. Pemkab Tanjab Barat juga telah menyediakan lampu jalan diberbagai desa di Kabupaten Tanjung Barat. Angka Rasio Indek Gini Tanjung Jabung Barat pada tahun 2022 adalah 0.26, menunjukkan bahwa tingkat ketimpangan pendapatan masyarakat masih rendah, ini juga secara tersirat mengandung arti bahwa tidak terjadi ketimpangan pembangunan di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kemudian , tidak ada satupun Desa di Tanjab Barat yang berstatus tertinggal dan 4 Desa sudah berkategori DESA MANTAP. Bahkan pada penilaian lomba Desa tingkat Nasional beberapa waktu lalu Desa Purwodadi telah ditetapak sebagai Desa Terbaik se regional 1 Indonesia.

FOKUS PEMBANGUNAN 2023 ; Pada tahun 2023 ini Pemda Tanjab Barat akan fokus ke beberapa hal seperti ; 1. Penurunan angka kemiskinan terutama Kemiskinan Ektrem, ini akan dilakukan secara konvergensi disemua lini baik infrastruktur maupun non infrastruktur. 2. Penurunan Stunting ; walau angka stunting kita terbaik se Provinsi Jambi, namun kita terus fokus menanangani Stunting. 3. Peningkatan Kapasitas Ekonomi ; seiring dengan upaya penanganan kemiskinan kita akan melaksanakan program peningkatan kapasitas ekonomi melalui pembangunan infrastruktur, pembangunan bidang pertanian dan perkebunan, UMKM . 4. Mengejar dan memacu pencapaian target RPJMD yang belum tercapai.

Penulis : Purwanto

Editor   : Redaksi 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!