Juli 13, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Satpolairud Polres Bangkalan bersama Basarnas Surabaya Berhasil Selamatkan Kru Kapal Tug Boat Leo II

2 min read

BANGKALAN | Kabarmetronews.com – Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Bangkalan bersama Basarnas berhasil evakuasi 8 (delapan) awak kapal yang terombang-ambing di Perairan Utara, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur pada Minggu (26/2/2023) pukul 06.00WIB, yang disebabkan kerusakan mesin.

Kasatpolairud Polres Bangkalan AKP Djoko Santoso mengatakan bahwa Sabtu (25 Februari 2023) sekira pukul 19.00 wib Satpolairud Polres Bangkalan menerima informasi terkait adanya Kapal Tug Boat bernama Leo II dengan 8 (delapan) awak kapal dilaporkan mengalami kandas serta trobel mesin di Perairan Utara Bangkalan pada koordinat 6° 53′ 361″ LS, 112° 53′ 442″ BT.

Kemudian pada pukul 20.00 wib, AKP Djoko Santoso kembali menjelaskan bahwa melalui KBO Satpolairud Polres Bangkalan IPTU Joko Purwowidodo, S.H. bersama 2 (dua) Anggota Satpolairud Polres Bangkalan setelah menerima informasi tersebut segera meluncur melalui jalur darat menuju Polsek Klampis.

“Personil kami menuju ke lokasi melalui jalur darat, dikarenakan mempertimbangan kondisi cuaca di Perairan Utara Jawa tidak memungkinkan untuk menggunakan Kapal Patroli. Setiba di Polsek Klampis sekira pukul 21.00 WIB, kami melakukan koordinasi dengan Polsek Klampis, Koramil Klampis serta Kelompok Nelayan setempat pada pukul 22.00 wib melakukan pencarian dengan menggunakan 2 (dua) perahu milik nelayan setempat,” katanya.

selain itu, lebih lanjut Djoko, dirinya mengungkapkan mengalami hambatan selama pencaharian di perairan.

“Kami pun mempertimbangkan adanya kondisi cuaca dan gelombang tinggi yang tidak memungkinkan, akhirnya pada pukul 01.00 wib personel kembali ke Daratan,” jelasnya.

Pencarian awak kapal ini pun dibantu pula dari Tim Basarnas Surabaya yang turut melakukan pencarian sejak pukul 01.00WIB.

“Pada pukul 01.00WIB hingga pukul 03.00WIB, petugas Basarnas Surabaya juga melakukan upaya pencarian melalui perairan Kecamatan Klampis namun juga tidak menemukan posisi kapal tersebut,” tuturnya.

Tak ingin berhenti disitu saja, AKP Djoko menambahkan keterangan bahwa pencaharian awak kapal menemukan titik terang pada pukul 06.00WIB.

“Alhamdulillah hari ini (Minggu, 26 Pebruari 2023) sekira pukul 06.00 wib, tim berhasil melakukan pencarian dan penyelamatan seluruh awak kapal dengan diselamat untuk segera dibawa ke daratan. Kondisi semua penumpang kapal dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (@red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!