Mei 30, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Pemdes Rongdurin Laksanakan Program Sosialisasi Desa Siaga Aktif 

2 min read

Bangkalan | Kabarmetronews.com – Guna kepentingan masyarakat Desa Rongdurin, Kecamatan Tanah Merah, Rabu (06/12/2023) begitu sangat peduli mengenai masalah kesehatan, kedatangan tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Desa Siaga Aktif.

 

Drs. Agus Sri Gunawan, ST, M.Mkes selaku bidang TKSD-UKM Provinsi Jawa Timur menjelaskan, Sosialisasi Desa Siaga Aktif di Desa Senunuk itu untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menangani berbagai persoalan di desa, salah satunya masalah kesehatan.

 

“Dengan adanya program Desa Siaga Aktif, masyarakat mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dasar. Peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat,” kata Agus

 

Maka dari itu Agus sangat mengharapkan masyarakat, tentunya khususnya di Desa Rongdurin agar bisa mendukung program Desa Siaga Aktif yang juga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat nantinya.

 

“Maka sekarang mulai dilaksanakan Sosialisasi Desa Siaga Aktif untuk meningkatkan peran aktif masyarakat tentang kegiatan Desa Siaga Aktif ke depan dan menjadi desa percontohan,” imbuhnya.

 

Progam Desa Siaga aktif secara khusus bertujuan untuk Mengembangkan kebijakan pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Pemerintahan mau pun di desa atau Kelurahan.

 

“Meningkatkan komitmen dan kerjasama semua perangkat Desa atau Kelurahan dan organisasi kemasyarakatan untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif,” jelas Agus.

 

Bukan hanya itu saja tentunya mengembangkan UKBM dan melaksanakan surveilans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu, dan anak, lingkungan, dan perilaku), penanggulangan bencana dan kedaruratan kesehatan, serta penyehatan lingkungan.

 

“Selanjutnya meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia, dana, maupun sumber daya lain, yang berasal dari Pemerintah Desa atau Kelurahan, masyarakat dan swasta/dunia usaha, untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif. Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga,” ujarnya.

 

Penulis : Ari

Editor   : Redaksi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!