Mei 26, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Perhutani Lawu Ds Ikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam Hidrometeorologi di Magetan

2 min read

Magetan | Kabarmetronews.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds ikut berpartisipasi dalam kegiatan apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana alam Hidrometeorologi bertempat di Mapolres Kabupaten Magetan, Selasa ( 05/12 ).

 

Administratur KPH Lawu Ds melalui wakilnya Asisten Perhutani ( Asper ) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan ( BKPH ) Lawu Selatan, Windu Prasitama di tempat terpisah menyampaikan, Perhutani siap mendukung langkah Pemkab Magetan untuk menghadapi perubahan iklim dan bencana, kami akan selalu berpatroli bersama jajaran di sekitar kawasan hutan. saat ini wilayah magetan telah memasuki masa peralihan musim hujan, kondisi perubahan cuaca menjadi tidak menentu. Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi maka dari itu semua pihak perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga.

 

Windu menambahkan kegiatan tersebut sangat penting karena untuk mempersiapkan kesiapan personel untuk antisipasi penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah kabupaten Magetan.

 

“Kami juga sudah melakukan persiapan menghadapi ancaman bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah kerja kami, mengingat sebagian wilayah kami merupakan kawasan hutan dan pegunungan,” katanya.

 

Harapan kami semoga jalinan sinergi yang sudah baik melalui komunikasi tetap terjalin dalam penanganan bencana yang akan datang,”tutup Windu.

 

Pj Bupati Magetan Hergunadi MT, dalam sambutanya mengatakan apel siaga bencana bertujuan membangun sinergitas juga kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana.

 

“Setelah terjadinya kebakaran hutan di Gunung Lawu, kita juga harus menyiapkan diri akan kemungkinan terjadinya bencana lainya semisal longsor, kondisi geologis dan geofisik, memungkinkan terjadinya bencana alam di daerah ini,” ucapnya.

 

Berharap kepada masyarakat supaya mampu melakukan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana yang terintegrasi, cepat, tanggap, dan tepat sasaran.

 

“Kondisi geografis dan geologis Kabupaten Magetan yang ada di lereng Gunung Lawu, memungkinkan untuk terjadi bencana alam,” tutupnya.

 

Kegiatan apel tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Magetan Hergunadi MT, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Kapolres Magetan, Dandim 0804 Magetan, Asper BKPH Lawu Selatan, dengan ratusan peserta apel terdiri dari unsur Perhutani, TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar, PMI (Palang Merah Indonesia), Rapi, Tagana, Pramuka dan Petugas Kebersihan juga Organisasi Relawan Kebencanaan Kabupaten Magetan.

 

Usai kegiatan apel Pj Bupati Magetan di dampingi seluruh Forkopimda Magetan cek persiapan peralatan kebencanaan masing-masing instansi. (@red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!