Mei 30, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

KRI FRANS KAISIEPO-368 HADIR DI TURKI, KIRIM BANTUAN KEMANUSIAAN DAN BANGUN CONFIDENCE BUILDING MEASURE

2 min read

SURABAYA | Kabarmetronews.com – Masyarakat Turki tengah berduka menyusul gempa dahsyat pada Bulan Februari 2023 yang merenggut puluhan ribu nyawa, serta mengakibatkan puluhan ribu korban luka dan ribuan bangunan rusak. KRI Frans Kaisiepo-368 yang merupakan representasi Indonesia dalam misi perdamaian dunia PBB di Lebanon melaksanakan port visit di Pelabuhan Mersin, Turki untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa dan mengunjungi pejabat militer setempat. Jumat (10/03).

Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki. Bantuan kemanusiaan diterima oleh Turkish Red Crescent (Turkiye Kizilay Dernegi) sebagai organisasi kemanusiaan di Turki yang tengah berjuang melaksanakan penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan pasca gempa. Bantuan kemanusiaan yang diserahkan mencakup peralatan medis dan obat-obatan yang selanjutnya akan disalurkan kepada Warga Turki dan Warga Negara Indonesia yang terdampak. “Hari ini telah diserahkan bantuan kemanusiaan yang sangat diperlukan dalam humanitarian assistance and disaster relief. Semoga bantuan tersebut dapat membantu saudara-saudara kita di Turki,” terang Dansatgas.

Pada kesempatan berikutnya, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh beserta staf yang didampingi oleh Atase Pertahan (Athan) Republik Indonesia untuk Turki Kolonel Kav M. Amir Aliakbar melaksanakan Courtesy Call ke Commander Mediterranean Region Command, Rear Admiral Fuat Gedik, di Markas Mediterranean Region Command, Mersin, Turki. Dansatgas menyampaikan secara langsung duka cita yang mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Turki, sekaligus memberikan dukungan moril terhadap Angkatan Laut Turki dalam membantu pemerintah melaksanakan penanggulangan bencana.

Dansatgas juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin termasuk dengan TCG Kinaliada, korvet kebanggaan Angkatan Laut Turki yang juga menjadi bagian dari MTF UNIFIL.

Rear Admiral Fuat Gedik menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan dan bantuan kemanusiaan yang diberikan. Hal tersebut merupakan wujud nyata kerja sama dan persahabatan Indonesia – Turki yang sudah lama terjalin. Orang nomor satu di Armada Turki Wilayah Mediterania tersebut mengharapkan bahwa kerja sama kedua angkatan laut dapat terus ditingkatkan. Diakhir kegiatan Courtesy Call dilaksanakan pertukaran cinderamata dan foto bersama. (@red)

Publisher : Pen2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!