Mei 24, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kemampuan Prajurit, Koarmada II Gelar Latihan Evakuasi Penanggulangan Bencana Alam

2 min read

SURABAYA | Kabarmetronews.com – Indonesia merupakan negara yang tergolong rawan terhadap kejadian bencana alam, hal tersebut berhubungan dengan letak geografis Indonesia masuk dalam wilayah Ring Of The Fire.

Pergerakan lempeng-lempeng tektonik menyebabkan terbentuknya jalur gempa bumi dan rangkaian gunung api aktif serta patahan-patahan geologi yang merupakan zona rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

Demikian amanat Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, yang dibacakan oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada II Letkol Laut (P) Sadarianto, saat memimpin acara pembukaan Latihan Evakuasi Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022 yang digelar dari tanggal 25 s.d. 30 November 2022, bertempat di Puslatkaprang Koarmada II. Jumat (25/11).

“Saat ini telah memasuki musim penghujan dimana intensitas curah hujan cukup tinggi, akibatnya beberapa daerah telah mengalami bencana banjir dan tanah longsor, bahkan beberapa waktu yang lalu di wilayah Jawa Barat mengalami bencana gempa bumi yang menimbulkan banyak kerugian. Saya menyambut baik dan sangat apresiatif terhadap latihan ini, mengingat pentingnya latihan ini dan saya berharap para peserta latihan dapat mengikutinya dengan baik, sehingga apa yang diperoleh dalam latihan ini nantinya dapat menunjang pelaksanaan tugas dan meningkatkan profesionalisme prajurit Koarmada II.

Adapun tujuan dari latihan ini, diantaranya untuk meningkatkan kesipsiagaan dan kemampuan prajurit Koarmada ll dalam mengatasi segala kejadian bencana secara terencana dan terkoordinasi serta menyeluruh, meningkatkan kesiapsiagaan koarmada ll dalam evakuasi korban bencana alam dan terwujudnya kemampuan pola pikir, pola tindak antar prajurit dalam situasi yang sulit baik cuaca dan medan yang buruk.

Hal ini sesuai dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat yang selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi ancaman”, ungkapnya. (@red)

Publisher : Pen2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!