Mei 26, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Pamekasan Juara Utama di Ajang Karapan Sapi Piala Presiden

2 min read

Bangkalan | Kabarmetronews.com – Lomba tahunan yang selalu dinanti-nantikan oleh warga Madura yakni perhelatan balap tradisional karapan sapi. Ajang tahunan ini sempat terhenti dengan adanya Covid-19.

Kali ini Kabupaten Bangkalan menjadi tuan rumah menggelar Karapan sapi Piala Presiden 2022. Sebanyak 24 pasang sapi dari 4 kabupaten di Madura untuk mengikuti ajang tersebut yang digelar di Stadion Karapan Sapi R.P Moh Noer Bangkalan, Minggu (16/10/2022).

Wakil Bupati Bangkalan, Moh Mohni yang hadir langsung pada ajang Karapan Sapi Piala Presiden 2022 itu mengatakan, karapan sapi adalah warisan budaya Madura yang perlu dilestarikan.

Ini produk budaya Madura yang luar biasa daya tariknya,” ujarnya.

Kemudian lebih lanjut menurut Mohni bahwa warisan budaya Karapan Sapi terus di promosikan karena terbukti bukan hanya warga Madura saja. Akan, tetapi minat wisatawan domestik hingga wisatawan asing ikut menyaksikan ajang itu.

Kegiatan ini sangat memicu antusiasme masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Bangkalan. Maka kami berharap tahun depan Karapan Sapi bisa digelar lagi di Bangkalan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan Muhammad Hasan Faisol menuturkan, lomba karapan sapi Piala Presiden 2022 kali ini yang menjadi juara utama berasal dari Pamekasan

Untuk juara satu atas, Bandar Jawa asal Pamekasan lalu disusul oleh Prabu Sakti dan Wiratama Bhayangkara dari Sampang,” tutur Faisol.

Foto: Juara Utama Karapan Sapi Piala Presiden 2022 Bandar Jawa dari Pamekasan

Faisol juga memaparkan, selain ada juara kategori atas ada juga juara kategori bawah yang mana juara 1 diraih Jet Matic milik Hakiki dari Sampang, juara dua Cumi Asam Manis jr milik H Abdus Salam dari Sampang, dan juara tiga diraih Door to Door milik Wakil Bupati asal Sampang. Pasangan sapi milik tuan rumah Bangkalan belum ada yang menembus final.

Juara kali ini lebih banyak diraih dari Sampang dan Pamekasan. Pasangan sapi milik tuan rumah Bangkalan belum ada yang menembus final,” papar Faisol menjelaskan kategori juara.

Ada pun hadiah yang didapatkan para juara, untuk juara pertama baik golongan atas maupun bawah akan mendapatkan hadiah utama masing-masing satu unit mobil. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga mendapat masing-masing satu unit sepeda motor.

Tak hanya itu, setiap sapi yang menang nanti memiliki nilai atau harga jual yang semakin tinggi. Meski begitu, jarang ada yang mau menjual sapi karapan apalagi yang sudah memenangkan pertandingan,” tutupnya.

Reporter : Takim/Ari

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!