Mei 28, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

KRI FATAHILLAH-361 Laksanakan Passing Exercise dengan Dua Kapal Angkatan Laut Jepang

1 min read

MALUKU | Kabarmetronews.com – KRI Fatahillah-361 yang merupakan unsur gelar Operasi Karang Baruna-23 di bawah Komando Operasi Gugus Tempur Laut Koarmada II, melaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan 2 (dua) kapal Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) yaitu JS Shimikaze (TV 3521) dan JS Asagiri (DD 151) yang merupakan kapal perang jenis Training Vessel dan Destroyer Angkatan Laut Jepang di Laut Maluku.

Adapun materi dalam latihan meliputi MISCEX 830 (Tactical Maneuver), NAVCOMEX 202 (Flashex), Photo Exercise dan diakhiri dengan Farewell Pass.

Kedua kapal JMSDF tersebut merupakan satu gugus tugas yang akan melaksanakan Goodwill Visit menuju Bitung, Sulawesi Utara dengan membawa para perwira muda nya berlatih keperwira-jagaan di bawah komando CAPT Ueno Yoshiyuki, Commander Training Division 1 (CTD1). Dalam pesan nya melalui komunikasi BTB, CAPT Ueno menyampaikan merasa senang dapat berlatih bersama KRI Fatahillah-361 dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi TNI AL dalam acara Indo-Pacific Seapower Conference dan International Fleet Review yang telah dilaksanakan di Jepang tahun 2022.

Komandan KRI Fatahillah-361, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, melalui saluran yang sama membalas dengan mengucapkan selamat datang di Indonesia dan sangat menghargai keinginan baik dari JMSDF untuk melaksanakan Passex dengan TNI AL pada saat memasuki perairan Indonesia.

Latihan ini selaras dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa setiap kapal perang asing yang melintas di perairan Indonesia agar melaksanakan Passex dengan KRI guna memelihara dan meningkatkan hubungan bilateral antar kedua Angkatan Laut serta terjaganya kesiapan operasional para prajurit pengawak KRI di Daerah Operasi. (@red)

Publisher : Pen2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!