Juli 13, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Satbinmas Polres Bangkalan Gelar Latkatpuan untuk Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas

2 min read

BANGKALAN | Kabarmetronews.com – Guna meningkatkan kemampuan Bhabinkantibmas di bidang penanganan bencana dan penanganan pertama gawat darurat, Satbinmas Polres Bangkalan kembali menggelar Pelatihan peningkatan kemampuan (Latkatpuan).

Pelatihan yang berlangsung di ruangan Satbinmas Polres Bangkalan, pada Jum’at pagi tanggal 24 Februari 2023, dihadiri Kasat Binmas Iptu Lilis Sulistijani, Kanit Bintisos Iptu Marjoko, Ps. Kanit Bhabinkantibmas Aipda M. Amhful.S dan 10 perwakilan anggota Bhabinkamtibmas.

Susunan materi dalam kegiatan tersebut, diantaranya materi Penyelenggaraan FT Reskrim dalam Penanganan Restorative Justice (RJ) sebagai Pedoman Implementasi Polmas pada Fungsi Bhabinkamtibmas dan materi Mitigasi Bencana Oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana ).

Selain itu, materi pentingnya kemampuan Bhabinkantibmas dalam mediasi dan negoisasi, Simulasi, DDS(Door to door system), Problem Solving, PPGD ( Penanganan pertama gawat darurat), hingga mitikasi bencana.

Dalam kegiatan Latkatpuan, menurut Kasat Binmas Iptu Lilis Sulistijani, bertujuan untuk lebih menambah wawasan kepada anggota Satbinmas serta Bhabinkamtibmas di polsek jajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menambah wawasan anggota Polri khususnya Personel Bhabinkamtibmas terkait dengan penanggulangan bencana, mulai dari tahapan pencegahan hingga proses evakuasi ketika terjadi bencana nanti,” ujarnya, Jumat (24/02/2023).

Selain penanganan bencana, anggota juga dilatih penanganan pertama gawat darurat yang bertujuan memberikan pengetahuan dasar dan memberikan pemahaman apa yang harus dilakukan ketika suatu keadaan darurat terjadi.

Dengan begitu dapat mencegah keadaan orang yang ditolong tidak bertambah parah, cacat bahkan dapat membantu mengurangi resiko kematian.

“Seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang ada di Polres Polres Bangkalan dan jajaran diharapkan menjadi garda terdepan dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan,” kata dia.

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono, berharap, dengan Latkatpuan ini, kompetensi Bhabinkamtibmas bisa semakin meningkat.

“Pelatihan ini akan diberikan secara rutin dalam rangka melatih kembali anggota agar semakin mahir dan peka, tanggap serta dapat mengaplikasikannya apabila ada ancaman keamanan terhadap diri anggota pada saat bertugas di lapangan maupun keamanan dan keselamatan masyarakat di desa binaannya,” tutupnya. (@red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!