Juli 13, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Perhutani dan Polres Probolinggo Jalin Sinergitas Lintas Sektoral

2 min read

PROBOLINGGO | Kabarmetronews.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo melaksanakan Patroli Gabungan bersama Polres Kabupaten Probolinggo di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukapura Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukapura, tepatnya di Bukit Pundak Lembu menyisiri lereng Gunung Bromo, Minggu (12/01).

Kegiatan tersebut diikuti Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana beserta jajarannya, , Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K, M.S.i beserta jajarannya dan dengan jumlah sekitar 30 orang.

Dalam kegiatan tersebut Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat hubungan sinergitas lintas sektoral. Diadakannya giat patroli gabungan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang kelestarian hutan, karena dengan sosialisasi itu harapannya bisa mencegah terjadinya gangguan Kemanan Hutan (Gukamhut) seperti pencurian pohon, kebakaran hutan dan penggarapan lahan secara liar.

Patroli bersama dilaksanakan dengan menyusuri beberapa lokasi, seperti dengan melaksanakan kegiatan preventif melalui sosialisasi kepada masyarakat, karena dengan patroli preventif secara rutin akan menekan tingkat kerawanan hutan.

“Kami menjalin sinergitas dalam kondusifitas kawasan hutan dengan Polri khususnya di wilayah kerja yang masuk wilayah administratif Kabupaten Probolinggo, langkah tersebut untuk menjaga aset negara berupa hutan. Semoga kedepan kita bisa lebih rutin lagi untuk melakukan kegiatan yang sifatnya untuk menjaga kelestarian hutan,” tutupnya.

Ditempat yang sama AKPB Teuku Arsya Khadafi Kapolres Probolinggo menjelaskan bahwa pihaknya mewakili Polri dari pemerintah diperintahkan untuk bersama-sama mengamankan asset Negara dengan menjaga kelestarian hutan dari gangguan yang tidak bertanggung jawab, karena manfaat hutan sangat luar biasa bagi masyarakat.

Selain melakukan kegiatan trabas alas ini, dia sangat mengapresiasikan Perhutani yang telah aktif dalam melakukan komunikasi dengan jajaran keamanan di Kabupaten Probolinggo.

Semoga kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin yang bisa kita laksanakan setiap tahun dengan Polri dan Perhutani untuk bersama-sama menjaga hutan tetap terjaga kelestariannya.

“Oleh karena itu kita jaga kelestarian hutan ini agar tidak terjadi kebakaran hutan dimusim kemarau, karena akibat kebakaran hutan dampaknya sangat besar dan untuk memulihkan kondisi hutan seperti semula akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan jangan sampai penggarapan liar lahan hutan tanpa seijin Perhutani,” tutupnya. (@Red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!