Mei 26, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

KKN 21 UNIRA Laksanakan Peningkatan Literasi Anak SD Pasca Pandemi Covid-19

2 min read

PAMEKASAN | Kabarmetronews.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Literasi Universitas Madura (UNIRA), melaksanakan KKN yang berlangsung selama 30 hari, berlokasi di Desa Pandan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan dan SD Pandan. Pelaksanaan KKN dimulai sejak 01 November – 30 Desember 2022 yang diikuti oleh mahasiswa berbagai Fakultas di Universitas Madura, Sabtu (17/12/2022).

Tema yang di angkat pada KKN tahun 2022 ini adalah “ Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional” dengan dosen Pembimbing (DPL) Raden Agus Budiharto,S.S,.M.Pd.

Kegiatan KKN yang dilaksanakan merujuk pada peningkatan literasi anak usia sekolah dasar setelah Pasca Pandemi Covid-19, tepatnya di SD Pandan yang di khususkan untuk kelas 1 s/d 6. Kegiatan dimulai dari mengajarkan anak mulai dari materi membaca, menulis, menghitung, mendongeng, hingga permainan seputar literasi, dan menambah kosakata.

Kedatangan mahasiswa KKN tematik literasi ke SD Pandan disambut antusias oleh kepala sekolah, guru, dan jajaran staf, dengan adanya mahasiswa KKN diharapkan akan menambah wawasan bagi siswa dan pengalaman yang luas di bidang literasi.

Kegiatan untuk meningkatkan literasi anak pada usia sekolah dasar ini, menjadi salah satu upaya untuk mengisi waktu luang mereka setelah Pasca pandemi Covid-19. Rentang usia mereka yang berkisar 6-12 tahun, dirasa perlu mendapatkan pendidikan seputar literasi. Kegiatan yang dilakukan berawal dari kegiatan membaca, menulis, lalu diajarkan bagaimana membiasakan kegiatan 15 menit membaca di pagi dan malam hari. Lalu di kelas juga diajarkan bagaimana cara membaca dongeng di depan kelas.

Boba, salah satu murid, merasa sangat senang dan antusias bisa belajar mendongeng dari buku bacaan yang sebelumnya telah dibaca.

“Aku senang mendongeng di depan kelas menceritakan dari buku yang tadi malam ku baca,” ungkapnya.

Kegiatan tidak berhenti sampai situ saja, pelajaran untuk meningkatkan literasi juga dilanjutkan dengan permainan tambah kosakata dan memperlancar dalam membaca, dengan memberikan soal berupa cerita kemudian diberikan soal sambung sesuai dengan bacaan yang telah mereka baca.

Selain terdapat permainan tambah kosakata, anak juga diajarkan bagaimana mengulas sebuah cerita fabel atau legenda, untuk diambil pesan moral dari cerita tersebut.

Upaya untuk meningkatkan literasi pada anak usia sekolah dasar ini diperlukan guna melatih anak agar terbiasa belajar di tengah pandemi yang mana mengharuskan anak belajar di rumah dengan harapan kegiatan edukasi literasi ini bisa meminimalisir kegiatan anak kecanduan bermain gawai ketika menghabiskan waktunya di dalam rumah.

Penulis : Jai

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!