September 8, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Peringati HUT ke-78 TNI AL, Koarmada II Kembali Gelar Prokasih

2 min read

SURABAYA | Kabarmetronews.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Laut, Koarmada II menggandeng warga dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) Sungai Kalimas.

 

Kegiatan Prokasih ini dibuka langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., dalam hal ini diwakili oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M.Tr.Opsla., CHRMP., bertempat di Pintu Air Petekan, Surabaya. Pada Selasa (5/9/2023).

 

Kegiatan ini merupakan perintah langsung Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang dilaksanakan secara serentak di Jajaran TNI AL seluruh Indonesia yang disebar di 78 titik, melalui Vicon terpusat di Jakarta dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AL, yang mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus melaju untuk Indonesia maju”.

 

Terkait Prokasih ini sendiri Koarmada II bersama warga dengan semangat gotong-royong membersihkan sepanjang bantaran Sungai Kalimas mulai jembatan pintu air Petekan hingga ke Jalan Semut. Selama pembersihan juga melibatkan alat berat dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Surabaya, serta puluhan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya.

 

Sementara itu sebanyak 1.200 personel dari TNI diantaranya Kotama TNI AL wilayah Surabaya (Kodiklatal, AAL, Lantamal V, Pasmar 2, Satlinlamil, UPT Mabesal), TNI AD, TNI AU dan Polri, serta melibatkan instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, pelajar dan pihak swasta, dan masyarakat Surabaya turut berpartisipasi turun ke Sungai.

 

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan kepada seluruh jajarannya bahwa Program Kali Bersih ini menjadi salah satu kegiatan TNI AL dalam membantu pelestarian dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan untuk pelestarian fungsi sungai.

 

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagainana mestinya,” katanya.

 

Sementara di tempat berbeda, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan mengungkapkan bahwa kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai, dan memberlakukan sungai sebagai mana mestinya. Selain itu, untuk memperindah sungai dan meningkatkan wisata Sungai Kalimas. (@red).

 

Publisher : Pen2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!