Mei 24, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Sedekah Bumi, Perhutani Gandeng PT.KTI Tanam Bersama Dengan Konsep Nutrimon

2 min read

PROBOLINGGO | Kabarmetronews.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo bersama stakeholder mendukung kegiatan sedekah bumi di petak 50G Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Condong Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bermi melalui kerjasama tanaman dengan PT. Kutai Timber Indonesia (KTI) Kota Probolinggo, pada Rabu (22/03).

Kegiatan tersebut dihadiri Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana beserta sebagian manajemen, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Bermi Dodi Setya Budi beserta jajarannya, Kepala Seksi (Kasi) Tanaman KTI Sansan Ahmad Hidayat beserta jajarannya dan segenap anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama antara Perhutani dengan KTI dan LMDH bersama-sama menjaga hutan.

“Dengan pola kerjasama yang sudah berlangsung baik supaya dipertahankan dan ditingkatkan, agar kedepannya nanti bisa saling menguntungkan, hasil tanaman pertanian meningkat begitu pula tanaman pokok Perhutani tumbuh baik,” ungkapnya.

“Kami juga berpesan jangan membakar hutan sembarangan, apalagi sekarang cuaca mulai panas dan akan kemarau akan tiba, supaya hutan kita tetap terjaga kelestariannya dan sekaligus untuk sumber mata air agar tidak terjadi kekeringan dikemudian hari”, katanya.

Sementara Sansan Ahmad Hidayat Kasi Tanaman KTI berterimakasih kepada Perhutani karena konsep sekarang dalam rangka kerjasama tanaman berbeda dengan yang sudah berjalan. Dengan konsep Nutrimon ( Nutrisi dan Hormon) tanaman bisa lebih cepat berkembang dan cepat juga untuk panennya.

“Supaya tetap lestari agar hutan dikelola dengan baik dan masyarakat tergabung dalam organisasi LMDH tersebut bisa sejahtera,” terangnya.

Sansan juga berpesan untuk meningkatkan kekompakan menjaga kelestarian hutan bersama-sama dan hasilnya bisa dirasakan bersama-sama.

Ditempat yang sama, Sudi salah satu anggota LMDH mengucapkan terimakasih kepada Perhutani dan KTI yang sudah bekerjasama untuk menanam pohon bersama-sama melestarikan budaya lokal sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya fungsi hutan untuk kesejahteraan masyarakat. (@red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!