Mei 28, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Jelang KASAD CUP Karapan Sapi, Dandim 0829 Bangkalan dan Kadis Budpar Cek Persiapan Akhir Stadion RP Moh Noer

2 min read
Foto: Dandim 0829 Bangkalan Letkol Kav Taufik Dwinova, SE, (baju hitam kotak) dan Kadis Budpar Moh Hasan Faisol (baju hijau pakai topi)

BANGKALAN | Kabarmetronews.com – Karapan Sapi yang merupakan ikon budaya Madura, selalu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di pelosok Nusantara dan warga asing/mancanegara. Bahkan, setiap event adu cepat dan ketangkasan seorang joki di atas sepasang sapi jantan Madura yang dikemas dalam Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

Dimana, event Akbar itu terselenggara pada hari Senin (20/03) di Stadion Karapan Sapi RP Moh Noer, Kampung Skep Bangkalan. Tujuan dari Piala KASAD tersebut sebagai upaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal masyarakat Madura.

Nantinya, akan ada 48 peserta yang akan mengikuti Piala KASAD dari empat Kabupaten se- Madura yakni Bangkalan, Sampang, Pemekasan dan Sumenep. Selain dari 4 kabupaten Madura juga akan diikuti dari kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Memang hari ini kami melihat persiapan akhir dari Stadion Karapan Sapi, karena pada hari Senin tanggal 20 Maret 2023 Bangkalan akan menyelenggarakan KASAD CUP untuk lomba Karapan Sapi yang akan diikuti oleh 48 peserta lomba,” ujar Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Taufik Dwinova, S,E, Sabtu (11/03/2023) saat ditemui di Stadion Karapan Sapi RP Moh Noer.

Lebih lanjut Taufik yang lekat disapa mengatakan bahwa peserta lomba KASAD CUP tahun ini akan berbeda karena bukan hanya dari Madura yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep saja tapi akan melibatkan dari luar wilayah Madura bahkan se- Jawa Timur

“Kami berharap event Akbar ini bisa meriah dan tentunya sekaligus meramaikan kebudayaan di wilayah Madura, apalagi pak KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan putra daerah Bangkalan dan masyarakat bisa menikmati tapi tetap tertib untuk menjaga serta mengawal budaya-budaya kita, ciri khas Madura karena penontonnya bukannya hanya dari Madura saja akan tetapi dari luar Madura juga,” harap Taufik menegaskan pada media ini.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Bangkalan, Moh Hasan Faisol mengucapkan terimakasih kepada KASAD, Pangdam dan Dandim yang telah mempromosikan dan ikut melestarikan kebudayaan Madura.

“Kami akan siap mensupport, apa yang diperlukan untuk event Akbar ini. Kami berharap supaya masyarakat Madura ikut juga melestarikan budaya dan beramai-ramai nonton bareng disini,” katanya. (@red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!