Mei 28, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Waka AKD Bangkalan Imbau Jaga Kondusifitas Jelang Pilkades Serentak 2023 dan Kades Terpilih Cepat Beradaptasi

2 min read
Foto: Waka AKD Kabupaten Bangkalan, M. Makmur, S.E

BANGKALAN | Kabarmetronews.com –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak bagi 149 Desa di Kabupaten Bangkalan akan segera dilaksanakan. Pesta demokrasi terbuka di tingkat Desa tersebut akan dilaksanakan 3 Mei 2023, sejumlah persiapan juga tengah dilakukan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) baik ditingkat Desa hingga Kabupaten.

Dalam hal itu, Wakil Ketua Aliansi Kepala Desa (AKD) M. Makmur, S.E menuturkan bahwa momentum Pilkades mendatang, dirinya ingin suasana Desa tetap aman dan kondusif. Jangan sampai karena berbeda pilihan lantas terjadi perpecahan di masyarakat.

“Momentum ini harus dimaknai sebagai perayaan pesta demokrasi yang terbuka dan jangan sampai terjadi perpecahan di tengah masyarakat. Rangkul tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk berkomunikasi dan bersama-sama menjaga kondusifitas,” ujar Makmur pada media ini, Kamis (23/02/2023).

Makmur menekankan agar pelaksanaan Pilkades serentak ini harus sesuai dengan prosedur aturan serta tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan.

“Harus focus pada aturan dan tahapan yang berlaku. Panpel juga harus menjalankan tupoksinya dengan berpedoman pada Perda dan Perbup, jangan sampai melenceng agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Selain itu, lebih lanjut Waka AKD Bangkalan mengatakan jika nanti para Kepala Desa (Kades) yang baru terpilih harus bergerak cepat menyesuaikan dengan visi misi daerah dan harus piawai dalam menjembatani setiap aspirasi warga dan lingkungannya.

Setiap Kades terpilih juga dituntut untuk bisa berbaur serta bersinergi dengan jajaran Kades yang lain, agar tidak tertinggal dalam hal kinerja maupun koordinasi terkait administrasi kebirokrasian lainnya. Tugas besar berada di pundak Kades untuk kemajuan desa. Karena itulah harus didukung koordinasi kuat atar Kades, terutama dengan pemerintah daerah,” Kata Makmur menegaskan.

Makmur menambahkan, setiap Kades juga diharap bisa lebih mengayomi warganya serta mengambil langkah cepat demi kemajuan pembangunan desa masing-masing dan berharap Kades yang terpilih nantinya bisa mengelola bantuan keuangan seperti alokasi Anggaran Dana Desa dan Dana Desa, dengan begitu kemajuan desa baik pembangunan ataupun kesejahteraan warga bisa lebih baik

“Saya harap pengelolaan ADD dan DD bisa lebih baik. Jangan sampai mengesampingkan kepentingan desa demi kemajuan bersama,” pungkasnya. (@red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!