Mei 24, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Perhutani Terima Kunjungan BPDAS Solo Guna Koordinasi Pengelolaan Kawasan Hutan di Magetan

2 min read

MAGETAN | Kabarmetronews.com – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds khususnya wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Solo dalam rangka koordinasi pengelolaan lahan hutan dan melihat secara langsung program kemitraan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Kabupaten magetan yang dilaksanakan di Gedung Kampung Susu, Selasa (30/01).

Administratur Perhutani Lawu, melalui Nor Ivansyah Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Selatan menyampaikan, terimakasih atas kunjungan Kepala BPDAS beserta rombongan kegiatan ini sangat efektif dalam koordinasi antar lembaga dalam pengelolaan kawasan hutan.

“Semoga kerjasama yang baik ini tetap terjaga, sehingga kawasan hutan negara menjadi aman, lestari, sesuai fungsi dan manfaatnya guna kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPDAS Solo, Suratman menyampaikan, bahwa kunjungan kerjanya kali ini bertujuan untuk koordinasi dan menambah wawasan Sumberdaya Manusia (SDM).

“BPDAS Solo baik dalam kegiatan pengelolaan kawasan hutan bersama LMDH dan masyarakat dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi Perhutani BKPH Lawu Selatan dalam pengelolaan hutan saat ini,” ucapnya.

Suratman menambahkan, “Kita datang ke BKPH Lawu Selatan membawa rombongan guna belajar bareng, ke lapangan mengenai mitra binaan Perhutani yaitu LMDH yang sudah memiliki kegiatan produksi susu perah.”

“Kita berharap setelah kunjungan kerja kami ke-depannya di program kerja tahun 2023 bila ada kendala dalam pengelolahan lahan hutan maupun program sosial mohon bisa saling memberi informasi,” tutupnya

Kegiatan dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke lokasi LMDH Lawu Permai untuk melihat secara langsung proses produksi susu yang selama ini sudah menjadi icon Kabupaten Magetan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS) jenis alpokat aligator kepada Ketua LMDH Lawu Permai Sastro Suji sejumlah 105 plances diserahkan langsung oleh Kepala BPDAS Solo Suratman.

Rencana bibit tanaman tersebut ditanam di kawasan lereng Gunung Lawu, selain sayur yang tumbuh di sela-sela tanaman pokok, juga ditanam bibit buah, guna tambahan pendapatan masyarakat khususnya anggota LMDH Lawu Permai di Dusun Singolangu, Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. (@red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!