Mei 26, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Perhutani KPH Probolinggo Gelar Aksi Tanam Bibit Pohon

2 min read

PROBOLINGGO | Kabarmetronews.com – Perhutani KPH Probolinggo Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Klakah bersama sejumlah instansi dan pegiat lingkungan menggelar aksi tanam bibit pohon, Sabtu (24/12/2022).

Kegiatan tanam pohon ini difokuskan di sekitar Gunung Puji, lereng Gunung Lemongan desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Tanam bersama ini diantaranya melibatkan jajaran Polres Lumajang, Kodim 0821 Lumajang, Perhutani, YBBH, Dinas Lingkungan Hidup Hidup (DLH) Lumajang, Forum Warga Dinamis (Forward), serta guru dan pelajar dari SD Papringan 02.

Hadir pada kegiatan tersebut Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana dalam hal ini diwakili Wakil Administratur Lumajang Marhaendro, Kepala DLH Lumajang Hertutik, Kapolsek KlakahIptu Khoirin Hariyanto, Danramil Klakah Erwin Daut, Camat Klakah, dan Kades Papringan, Direktur Media Jatim Hari Ini Choiri.

Dalam aksi penanaman dengan tajuk “Hijaukan Hutan, Selamatkan Mata Air, Cegah Bencana” ini ada sekitar seribu bibit pohon yang ditanam. Diantaranya pohon salam, jambu, dan buah-buahan lainnya.

Waka Lumajang Marhaendro menyampaikan, kegiatan bersama dari lintas sektor ini sangat positif, khususnya dalam menjaga kelestarian hutan yang berada di kawasan Perhutani.

“Terimakasih untuk semua pihak yang bersama-sama menjaga kelestarian hutan,” ungkapnya.

Kepala DLH Lumajang Hertutik menambahkan, tanggungjawab menjaga hutan bukan hanya dari pemerintah saja, namun juga semua elemen. Kegiatan penanaman pohon ini tentunya banyak manfaat yang didapat.

“Satu pohon bisa menghasilkan oksigen untuk dua orang. Dengan menanam pohon dapat mencegah bencana,” ungkapnya.

Sementara Kapolsek Klakah Iptu Khoirin Hariyanto mengatakan, siswa-siswi SD yang dilibatkan dalam kegiatan ini tentunya sangatlah penting. Selain mendidik mereka mencintai lingkungan, juga bermanfaat untuk mereka kelak.

“Karena yang ditanam ini untuk masa depan mereka,” ujarnya.

Kemudian Danramil Klakah Kapten Inf Erwin Daud menyampaikan, kekeringan bisa saja terjadi di masa mendatang jika tidak dilakukan penanaman pohon sekarang. Untuk itu penting menjaga hutan, karena juga bisa mencegah bencana.

“Kita akan kekeringan seperti di Somalia kalau tidak menanam sekarang. Jaga hutan. Kita bukan orang hutan tapi harus jaga hutan. Selamatkan air, cegah bencana,” tegasnya.

Terakhir, Direktur Jatim hari ini Choiri mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama semua pihak untuk menjaga lingkungan. Khususnya di kawasan Gunung Lemongan.

“Semoga Gunung Lemongan semakin hijau, mata air semakin terjaga, dan dijauhkan dari bencana,” pungkasnya.

BKPH Klakah terus berkolaborasi dengan stakeholder untuk tanam pohon semoga menjadi wujud kepedulian terhadap Sumber Daya Hutan untuk kelestariannya, tetap semangat BKPH Klakah. (@Red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!