Mei 30, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

DPMD Bangkalan Gerakan Duta Digital untuk Mempercepat MDC

1 min read

BANGKALAN | Kabarmetronews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mulai melakukan upaya untuk menggali potensi yang ada di desa.

Hal tersebut dilakukan karena Bangkalan setelah terpilih menjadi salah satu sasaran program Membangun Desa Cerdas (MDC). Untuk mewujudkan itu Pemkab setempat mulai menggerakkan tim Duta Digital untuk mengeksplor potensi yang dimiliki desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan DPMD Bangkalan Ali Yusri Purwanto menuturkan bahwa sasaran dari program tersebut ada 20 desa

“Ada 20 Desa yang menjadi sasaran. Tim ini ditugaskan untuk menggali potensi mulai dari pertanian hingga wisata,” ujarnya.

Lebih lanjut Ali Yusri menjelaskan, tugas duta digital wajib melakukan pemetaan sesuai yang tertera di profil desa. Data itu bisa diperoleh melalui wawancara dengan kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat setempat, kemudian hasilnya nanti akan di entri oleh tim.

“Makanya nanti desa yang menjadi lokus, harus memiliki jaringan internet yang kuat. Sehingga, harus ada peran dan kerja sama dengan pihak penyedia untuk peningkatan jaringan internet,” jelasnya.

Untuk mempercepat program Desa Cerdas, DPMD akan melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) serta bekerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Adapun Desa yang menjadi lokus diantaranya Desa Telang, Banyuajuh, Kamal, Gili Anyar, Kebun, Ko’ol, Batokorongan, Bulaporah, Bumi Anyar, Tambak Pocok, Soket Laok, Sukolilo Barat, Pangpong, Jambu, Burneh, Socah, Martajasah, Gebang dan Sabiyan.

Penulis : Ridoi (Korlip)

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!