Juli 13, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Korwil Pendidikan Tanah Merah Sapa Guru dan Siswa Lewat Program TUS

2 min read

BANGKALAN | Kabarmetronews.com – Pelaksanaan Upacara Bendera hari Senin sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Dimana Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Pelaksanaan upacara bendera itu juga dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Negeri 2 Buddan, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan yang diikuti oleh Kepala Sekolah, guru, murid dan Koordinator Wilayah (Korwil) Tanah Merah sebagai pembina upacara, Senin (06/02/2023).

Menurut, Mohammad Lutfi, M.Pd selaku Korwil Tanah Merah bahwa upacara bendera setiap hari Senin merupakan perwujudan program lama yang terhenti karena pandemi Covid-19

Lebih lanjut Lutfi mengatakan, kini program upacara bendera setiap Senin dimulai kembali dan sudah terjadwal yang diawali dari UPTD SDN 2 Buddan

“Insyallah program ini terus berlanjut sampai ke 48 lembaga yang ada di Kecamatan Tanah Merah. Program ini bertujuan untuk ajang silaturahmi mengenal lebih dekat guru dan murid, serta ajang pembinaan untuk memupuk kekompakan, kebersamaaan yang didalamnya ada penanaman sikap disiplin, kekompakan, kerapian yg bermuara kpd penanaman sikap nasionalisme dan patriotisme,” kata Lutfi pada media ini.

“Alhamdulillah dari dua lembaga yang sudah saya datangi pelaksanaan upacara berjalan baik, tertib dan hikmat, smg yang lain bisa melaksanakan upacara dengan baik sesuai Tata Upacara Sekolah ( TUS ),” ujarnya.

Dirinya berharap semua sekolah bisa melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin secara Istiqomah, bahkan setiap hari besar nasional seperti HUT RI, Hardiknas, Harkitnas, Hari Pahlawan, Sumpah Pemuda dan lainnya.

“Sehingga dengan pembiasaan ini kita bisa memahami dan menghayati arti penting pengorbanan para pahlawan nasional,” pungkas Lutfi. (@red).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!