Juli 23, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-N/UNIFIL Laksanakan Peran Jaga Perang Saat Melintasi Perairan Teluk Aden

1 min read

SURABAYA | Kabarmetronews.com – Ditengah pelayaran menuju Port Said, Mesir. Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL melewati Perairan Teluk Aden (Somalia) yang diketahui sebagai perairan dengan tingkat kerawanan tinggi dengan adanya beberapa insiden perompakan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Meskipun terdapat satgas Combined Maritime Forces namun self awareness harus terlaksana dan combat insting prajurit harus tetap terjaga, sehingga Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N memberlakukan peran jaga perang selama melintasi perairan Teluk Aden. Jumat (23/12).

Dalam menerapkan mekanisme peran jaga perang, seluruh prajurit melaksanakan jaga selama 12 jam dengan pusat komando berada di Ruang Pusat Informasi Tempur (PIT). Kemudian dibagi menjadi beberapa pos tempur yakni di sektor Wing Bridge kanan-kiri, Geladak Exocet, tetral mistral geladak helly (Sniper dari personel Kopaska) dan buritan. Para prajurit juga dilengkapi dengan senjata, magazen terisi amunisi tajam, rompi, dan helm tempur selama peran jaga perang berlangsung.

Komandan KRI FKO-368 menyampaikan “Kita harus siap merespon segala kemungkinan terburuk. Pemberlakukan peran jaga perang harus dilaksanakan dengan tingkat kewaspadaan dan kesigapan yang tinggi dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Umumnya para perompak akan mencari dan menilai sasarannya pada siang hari serta melaksanakan serangan pada malam hari. Saat melintas Selatan Aden Harbour hingga memasuki Selat Babel Mandep teridentifikasi 31 Speed Boat yang masing-masing diawaki 7 hingga 9 personel.” ujarnya. (@red)

Publisher : Pen2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!