Juli 23, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Puskesmas Omben Gelar Sosialisasi Pekan Bumil Sehat Sambut Hari Ibu Nasional

2 min read

SAMPANG | Kabarmetronews.com – Dalam rangka menyambut Hari Ibu Nasional, Puskesmas Omben, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menggelar sosialisasi bersama Ibu Hamil (Bumil) dan melakukan deklarasi gerakan Ibu Hamil, dengan tema “Pekan Bumil Sehat” di Halaman Belakang Puskesmas, Kamis (22/12/2022).

Acara tersebut dihadiri Ketua PKK Kecamatan Omben, Ibu Bhayangkari Polsek Omben dan Persit 0828/03 Omben, Ketua Karang Taruna Kecamatan Omben, Ketua Muslimat NU Omben, Kader dan Jurnalis Omben Kompak Bersatu (Joker) serta puluhan ibu hamil di wilayah Kecamatan Omben.

Drg. Yuanita Purnamawati, Kepala UPTD Puskesmas Omben, dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjaga dan memantau ibu hamil merupakan prioritas yang diutamakan oleh Nakes dan Bidan.

Menurutnya, mengatasi segala permasalahan pada calon anak, seperti stunting dan lain sebagainya, harus dilakukannya pengawasan sejak masih calon Bumil.

“Memberikan tambahan vitamin dan tablet tambah darah pada ibu hamil yang diberikan oleh Bidan, itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Omben,” ucap Yuanita.

“Selain itu, kata Yuanita, diperlukan juga Senam bagi ibu hamil, dan melakukan pemeriksaan secara rutin,” sambungnya.

Bu Ita, senantiasa karib disapa. Dalam kesempatan tersebut lebih jauh mengungkapkan, bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya, pertama : rutin melakukan pemeriksaan sebanyak 6 kali ke Bidan, ke-2, mengikuti kelas ibu hamil. Ke-3, konsumsi tablet tambah darah. Ke-4, lakukan persalinan di tempat pelayanan kesehatan.

Dikatakannya jika fasilitas yang didapat kalau melahirkan ditempat pelayanan kesehatan (Polindes/Puskesmas) yaitu Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan semua fasilitas gratis.

Ita berharap, dengan adanya kegiatan gerakan ibu hamil ini, menjadi milik masyarakat, menuju sampang hebat bermartabat. Sebelum menutup sambutannya, Ia mengucapkan Hari Ibu Nasional.

“Saya bersama seluruh nakes dan petugas Puskesmas Omben, mengucapkan Selamat Hari Ibu, untuk semua ibu-ibu yang hamil yang hadir hari ini, semoga dalam kehamilannya sehat dan lancar dalam persalinannya,” tutupnya.

Penulis : Jai/Ikhsan
Editor   : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!