Mei 26, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Tingkatkan Produktivitas di Tengah Pandemi Covid-19, KKN Kelompok 21 Berikan Pendampingan Pada UMKM Kerupuk Ikan

2 min read

PAMEKASAN | Kabarmetronews.com – Dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Salah satu mahasiswi KKN Kelompok 21 Universitas Madura Putri saat ini sedang melakukan program pendampingan pada UMKM kerupuk ikan dalam meningkatkan produktivitas di era Covid-19 yang berlangsung mulai 1 November sampai 31 Desember 2022

Sebagaimana kita ketahui, dampak covid-19 terhadap sektor perekonomian dialami secara langsung oleh sebagian besar masyarakat, termasuk pelaku UMKM kerupuk ikan di Desa Pandan Galis Pamekasan yang mengalami penurunan pemasaran produk selama pandemi Covid-19.

“Sejak ada corona saya merasakan dampak pada penjualan yang semakin menurun, jadi saat ini saya membatasi dalam proses pembuatan adonan kerupuk,” ujar Hamsiyah, pelaku UMKM saat pendampingan proses pembuatan produk kerupuk ikan.

UMKM kerupuk ikan di Desa Pandan Galis Pamekasan didirikan sejak tahun 1977 turun temurun mulai dari leluhur atau nenek moyang sebelumnya.

Namun, hingga saat ini pemasaran produk hanya sebatas Desa Pandan dengan melalui perantara warung-warung kecil. Oleh karena itu, pendampingan UMKM dalam pemasaran produk berbasis online melalui marketplace diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk serta dapat menstabilkan perekonomian UMKM kerupuk ikan yang sempat turun selama pandemi Covid-19.

Pada program ini, mahasiswa KKN juga melakukan penawaran produk olahan ikan secara langsung sekaligus sosialisasi gemarikan kepada masyarakat dari rumah ke rumah sebagaimana bentuk dukungan Kuliah Kerja Nyata Kelompok 21 Universitas Madura (KKN 21 UNIRA) yang mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di tengah pandemi Coronavirus Disease-19 (COVID-19) sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, karena mengonsumsi ikan sangat baik untuk daya tahan tubuh (imunitas).

“Saya sangat setuju dengan proker tersebut karena selain dapat menguntungkan UMKM desa Pandan, juga dapat menyadarkan masyarakat supaya mengonsumsi ikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19,” tutur Klino Febri selaku Humas KKN Kelompok 21 Universitas Madura. (Jai/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!