Juli 27, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Polres Sampang Panggil Pihak Kecamatan Omben Terkait penggelapan Honor BPD Karang Gayam

2 min read
Foto : Tim Joker dan L KPK serta PAPEDA dampingi anggota BPD Karang Gayam buat aduan di Polres Sampang

SAMPANG | Kabarmetronews.com – Proses penyelidikan dugaan penggelapan honor BPD (Badan Perwusyawaratan Desa) Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur sudah memasuki tahap klarifikasi data dan keterangan beberapa pihak.

Dimana pada sebelumnya Polres Sampang memanggil 9 anggota BPD setempat untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Namun, yang memenuhi pemanggilan tersebut hanya 6 anggota dan 3 anggota lainnya mangkir hingga 2 kali pemanggilan dengan tidak memberikan alasan yang tidak jelas.

Kali ini, Polres Sampang memanggil pihak Kecamatan Omben untuk dimintai keterangan terkait Honor BPD yang terealisasi pencairan ADD (Anggaran Dana Desa) Desa Karang Gayam, Senin (28/11/2022).

Camat Omben Didik Adi Priadi melalui Kasi PMD Saiful Arif menuturkan bahwa dirinya dipanggil untuk dimintai keterangan perihal terealisasi ADD dan honor BPD.

“Kalau terkait LPJ itu ada di desa,” ujarnya memberikan keterangan saat dikonfirmasi.

Hal ini memantik respon dari pelapor H.Suja’i mengungkapkan, dirinya bersama PAPEDA (Pemuda Peduli Desa) dan tim Joker (Jurnalis Omben Kompak Bersatu) mengawal kasus itu dengan melakukan kajian-kajian Perintah undang undang yang berlaku di Indonesia

“Memang benar menurut Pasal 112 KUHAP bisa diterapkan hanya saat penyidikan berlangsung, tapi saya tekankan kepada Penyidik Tipikor Polres Sampang agar tidak lupa memahami status saksi ini penting atau tidak dalam proses penyelidikan yang sedang berjalan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suja’i mengatakan, apabila status saksi yang mangkir ini adalah ujung tombak atau penting keberadaannya dalam proses penyelidikan maka perlu lah penyidik untuk melakukan panggil paksa.

“Saya ingat dulu apa yang di jelaskan oleh pakar hukum acara pidana Prof Mudzakir pada tahap awal penyelidikan itu belum mengikat para saksi artinya mereka dipanggil hanya dimintai keterangan apakah ada pelanggaran atau tidak,” kata Suja’i menjelaskan pada media ini.

Tapi dalam konteks penegakan hukum bisa saja dilakukan apabila keterangan saksi itu nantinya menentukan finalisasi ke penyidikan berikutnya, menurut beliau secara prinsip hukum siapapun yang dimintai keterangan untuk memberikan kesaksian semestinya harus datang.

“Maka disini kami harap penyidik Tipikor Polres Sampang lebih PRESISI lagi dan dalam kasus ini saya tekankan sekali lagi apabila ada pihak-pihak yang menghalangi tindakan pemberantasan korupsi dapat di kenakan pidana sesuai yang tertuang dalam Undang-undang no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (L KPK) dan LSM PAPEDA melaporkan dugaan tindak pidana penggelapan honor BPD Karang Gayam yang melibatkan mantan Kepala Desa berinisial DH

Penulis : MH

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!