Mei 28, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

MusrenbangDes di Desa Karang Pao Berjalan Lancar dan Mulus

2 min read

Bangkalan | Kabarmetronews.com –Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan di laksanakan pada tahun 2023 mendatang Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Pao, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, pada hari Rabu (19/10/2022) pukul 14.00 WIB melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang berlokasi di Dusun Karang Pao Timur.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Desa Karang Pao Agus Mulyanto, S.E, Kapolsek Arosbaya AKP Moch. Rifai, S.H, M.H, Danramil Arosbaya Kapten Inf Badrut Mutammam, Camat Arosbaya Imam Mahfud, S.H, Kasi Pemerintahan, Jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Pao, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, Bidan Desa, Kader Desa, PKK dan Pendamping Desa.

Diketahui hasil dari MusrenbangDes itu terdapat 10 usulan kegiatan untuk tahun 2023 yakni pengaspalan jalan, pagar makam untuk bujuk, drainase, tiang listrik, gapura desa, jamban sehat, susu ibu hamil, pospindu, posyandu, pengadaan seragam untuk Fatayat (pengajian)

“Untuk drainase itu di dua dusun, sedangkan untuk tiang listrik yang besar itu juga sudah progres proposal pengajuan sudah masuk ke PLN tinggal di ACC saja. Sedangkan, untuk jamban sehat (siram) dua tahun ini sudah jalan ada 10 titik dan sisanya 8 titik Insyaallah tahun 2023 kita maksimalkan sudah selesai,” ujar Kades Karang Pao, Agus Mulyanto S.E.

Kemudian, Mulyanto menuturkan, susu untuk ibu hamil adalah program khusus desa. Dimana, itu permintaan ibu-ibu yang bekerjasama dengan bidan desa setempat dan yang diutamakan ibu hamil dari 1 bulan sampai 6 bulan umur kehamilan.

“Jadi kita memang jaga kesehatan janin, kesehatan ibunya biar nanti saat melahirkan bisa meminimalisir tingkat resiko hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Sementara itu perihal kegiatan Pospindu, dirinya menjelaskan bahwa pemeriksaan asam urat dan gula darah adalah program dari Puskesmas, tapi untuk menarik perhatian warga akan ditambah program untuk mengecek pemeriksaan kolesterol unlimited (tanpa batas).

“Kita akan memfasilitasi kekurangan-kekurangan dari Puskesmas dan program itu 6 bulan sekali, tetapi program dari posyandu tetap berjalan semua,” jelasnya.

“Bidang keagamaan seperti Fatayat, pengajian, muslimat, shalawatan pria itu minta seragam yang baru, memang dari tahun-tahun kemarin itu sudah kita fasilitasi untuk pembelian seragam insyaallah di tahun 2023 terealisasi. Seragam kita ambil dari DD jadi semuanya sesuai dengan tupoksinya nanti kalau itu memang ambil dari DD kalau memang itu harus dari ADD ya kita ambilkan,” kata Mulyanto.

Mulyanto berharap sebelum APBDes ini digarap ada usulan-usulan yang masuk lagi, akan tetapi tetap prioritas pembangunan atau kegiatan-kegiatan yang di tahun 2023 tetap berjalan.

“Kita mengacu kepada usulan masyarakat apa prioritas utama yang harus dikerjakan dan usulan-usulan yang sudah tetap menjadi kegiatan selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter : Takim

Editor      : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!