Mei 23, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Presiden Jokowi Kunjungi Malang Jawa Timur untuk Beri Santunan Korban Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

2 min read

Jakarta | Kabarmetronews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Kabupaten Malang Jawa Timur, Rabu (5/10/2022) siang. Presiden Jokowi diagendakan menjenguk korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

“Betul, akan ke Malang setelah acara HUT TNI di Istana,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan.

Adapun kunjungan Jokowi untuk memberikan santunan kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Dan juga akan mendatangi RSUD Malang dan Stadion Kanjuruhan.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan bakal memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dalam tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Rencananya bakal menggelontorkan Rp 50 juta untuk setiap keluarga korban.

“Pertama pemerintah akan memberikan santunan. Atau tepatnya Presiden RI (Jokowi) akan memberikan santunan kepada para korban,” ujar Menko Polhukam Mahfud Md dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Mahfud menyebut, uang santunan ini segera diberikan kepada setiap keluarga korban yang diketahui mencapai 125 korban. Namun sebelum diberikan, pemerintah akan lebih dahulu mencocokan data dan alamat dari para korban tragedi Kanjuruhan.

“Meski pun tentu hilangnya nyawa setiap orang itu tidak bisa dinilai dengan uang berapa pun harganya, tetapi presiden berkenan juga untuk memberikan santunan kepada setiap korban jiwa itu sebesar Rp 50 juta. Dan ini akan segera dilaksanakan tinggal kita atau kami mencocokan dulu data-data administratif dengan pemda atau dengan lembaga-lembaga lain yang mengurus,” tutur Mahfud.

Sebelumnya,  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) turut berduka atas musibah kericuhan supporter yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur pasca-laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya sauadara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang Jawa Timur,” jelas Jokowi dalam keterangan resminya melalui kanal Youtube, Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Presiden Jokowi pun meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik.

“Saya juga telah perintahkan Menpora, Kapolri dan Ketua PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur pengamanan penyelanggaraannya,” ujarnya.

Khusus kepada Kapolri, Presiden Jokowi meminta agar melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini.

“Untuk itu, saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara liga 1 sampai evaluasi perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” kata Jokowi.

Presiden pun mengaku menyesalkan terjadinya targedi ini dan berharap ini menjadi tragedi terakhir dalam sepakbola.

“Saya berharap ini adalah targedi terakhir sepakbola di Tanah Air, jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang. Sportifitas, rasa kemausiaan, dan rasa persaudaraan,  bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama,” harapnya.

Publisher : Bidhumas Polda Jatim
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!