September 8, 2024

kabarmetronews.com

Selalu Ada & Terpercaya

Bidan Desa Glagga Gelar Layanan Kesehatan Masyarakat Gratis

2 min read

Bangkalan | Kabarmetronews.com – Budaya hidup sehat terus dilakukan oleh Bidan Desa Glagga, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Salah satunya melalui kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Acara terselengagara di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Dusun Mong Mong Barat desa setempat, Jum’at (26/01/2024) pagi.

Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Pos Bidan Terpadu (Posbindu) membuka pelayanan cek kesehatan secara gratis Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Skrining menjadi upaya kami untuk bisa mengedukasi dan memberikan pemeriksaan awal serta penanganan kesehatan pada masyarakat yang berisiko memiliki Penyakit Tidak Menular (PTM),” kata Bidan Desa Glagga Fatimah, S. keb memberikan keterangan.

Ia mengatakan dengan adanya kecenderungan PTM yang meningkat, maka masyarakat dapat memanfaatkan layanan kesehatan tersebut. Selain memberikan layanan kesehatan gratis, kata dia, pihaknya juga mengajak warga melakukan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Selain itu Fatimah juga menuturkan bahwa pada kegiatan tersebut pihaknya menyediakan layanan kesehatan gratis seperti asam urat, kencing manis dan kolesterol.

Sementara itu, Kepala Desa Glagga H. Amin Jakfar menyampaikan, para lansia sudah mengalami penurunan kesehatan baik karena sudah terlalu banyak digunakan (alami) atau disebabkan penyakit. Mengingat fungsi tubuh sudah tidak sebagus saat muda dulu, perhatian lebih perlu diberikan pada kalangan mereka.

“Sebagian besar warga desa itu berprofesi menjadi petani, tidak semuanya memiliki kesadaran dan kepedulian untuk melakukan cek kesehatan secara rutin. Selain itu, tidak semua warga mengetahui dengan benar informasi mengenai penyakit tidak menular,” tutur Jakfar yang mendukung dan mengapresiasi program tersebut.

Jakfar berharap, sosialisasi mengenai penyakit tidak menular (hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, asam urat) dilaksanakan disela-sela pemeriksaan kesehatan gratis.

“Diharapkan warga lebih memahami interpretasi hasil pemeriksaan sehingga dapat menjaga kesehatan dirinya beserta keluarga,” pungkasnya. (@red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ayo ngopas ya!!!!